Teknik SEO dengan cara Blackhat SEO

Blackhat Seo

Dalam dunia SEO ada banyak cara untuk menaikan rank suatu situs atau website dengan Teknik yang secara umum terbagi atas White Hat SEO dan Blackhat SEO. Di artikel kali ini kita akan membahas tentang apa itu Teknik SEO dengan cara “Blackhat” SEO. Teknik ini banyak menggunakan metode yang tidak sesuai dengan pedoman atau aturan dari mesin pencari, maka dari itu dengan menggunakan Teknik ini situs Anda memiliki kemungkinan besar terkena penalty atau hukuman lainnya yang menurut mesin pencari melanggar ketentuan seperti penurunan peringkat atau de-index.

Dengan kekurangan yang sudah disebutkan Blackhat SEO memiliki beberapa kelebihan seperti waktu yang singkat untuk menunjukan hasil. Selain itu situs dengan taktik Blackhat SEO mengesampingkan Searcher Intent karena lebih berfokus untuk memanipulasi meesin pencari untuk mendapat perngikat tertinggi ketimbang membuat konten yang berkualitas.

Berikut cara kerja menggunakan Teknik Blackhat SEO :

Keyword Stuffing

Adalah praktik memasukan kata kunci dengan jumlah yang berlebihan di dalam artikel, dengan tujuan untuk mendapatkan ranking yang instan di halaman mesin pencari. Keyword Stuffing yang sering dilakukan seperti, mengulang kata kunci yang terfokus beserta kata kunci turunan secara berlebihan dalam satu paragraf.

Dampak negatif dari Keyword Stuffing adalah, User tidak mendapat wawasan atau tidak mendapat apa yang dicari oleh User sama sekali dikarenakan artikel yang menggunakan Keyword Stuffing mendapat peringkat atas dan membuat User menyangka bahwa Artikel di rank atas ini mempunyai kualitas yang bagus.

Namun pada nyatanya praktik menggunakan Keyword Stuffing ini hanya berfokus menaikan rank di mesin pencari saja agar situs mendapat traffic tanpa memikirkan User Experience. Oleh karena itu teknik ini tidak disarankan karena akan membuat User dan juga Mesin Pencari kehilangan kepercayaan pada situs Anda.

Spam Komentar

Adalah praktik menaruh link atau anchor text menuju situs yang dimiliki di kolom komentar Blog, Sosial Media dan Profile, dengan tujuan mendapat backlink untuk mendorong situs agar mendapat peringkat tinggi di mesin pencari. Teknik ini masih digunakan oleh Blackhat SEO sekarang.

Backlink yang didapat dari Spam Komentar biasanya bersifat No-Follow. Biasanya Spam Komentar dilakukan manual atau dengan Tools yang bisa membantu proses Spam Komentar agar lebih cepat.

Backlink dengan Spam Komentar tidak disukai oleh mesin pencari dan bahkan oleh penulis di blog yang di gunakan untuk Spam Komentar, bisa saja komentar anda dihapus atau bahkan google bisa menghitung itu sebagai Spam, dan membuat Spam Score domain anda naik.

Cloaking

Adalah praktik menyembunyikan URL suatu konten dari search engine, salah satu contohnya adalah halaman situs menampilkan gambar pada user namun pada mesin pencari hanya terdeteksi sebagai haalam teks HTML. Trik Cloaking terbagi beberapa macam seperti, IP-Based Cloaking, Java Script Cloaking, HTTP-Referer Cloaking, dan lain-lain.

contoh dari IP-Based Cloaking adalah menampilkan berbagai website dengan alamat IP User. cara ini membuat konten di website yang di akses menyesuaikan sesuai dengan pengunjung dari lokasi berbeda.

contoh dari Java Script Cloakingg adalah menampilkan konten yang tersembunyi dari mesin pencari, namun bisa dilihat oleh User. Teknik ini menggunakan sifat dinamis Java Script untuk memuaskan User dengan menampilkan konten yang lebih interaktif atau personal yang tidak diindex oleh mesin pencari.

contoh dari HTTP-Referer Cloaking adalah menampilkan konten berbeda tergantung referal atau dari mana User mengakses.

Cloaking mempunyai resiko seperti mendapat penalty dari mesin pencari, kesulitan untuk memulihkan kembali situs yang sudah terkena penalty, dan bahkan bisa sampai kepada penghapusan situs.

Sneaky Redirect

Adalah teknik mengalihkan suatu halaman ke halaman lainnya secara otomatis dengan menggunakan script tertentu. Sneaky Redirect dinilai sebagai penipuan oleh mesin pencari karena mencoba menampilkan konten yang tidak relevan dengan apa yang di cari oleh user.

Paid Links

Adalah backlink berbayar dengan meg-atasnamakan “backlink premium”, penyedia backlink berbayar ini menyediakan banyak situs dengan DR atau otoritas domain yang tinggi untuk anchor text atau backlink situs Anda agar mendapat backlink terbaik yang bisa membantu menaikan ranking di halaman mesin pencari.

Paid Link berpotensi mendapat penalty dari mesin pencari dan menyebabkan penurunan peringkat secara signifikan dan bisa sampai De-Index dari mesin pencari. Namun Paid Links masih diminati banyak orang karena memberikan hasil dengan singkat.

Hidden Text

Hidden Text atau Teks Tersembunyi, adalah teknik menyembunyikan tulisan dengan warna putih atau sesuai dengan background dari situs, dengan tujuan untuk membuat mesin pencari membaca kata kunci di situs Anda tanpa dilihat oleh User, biasanya teknik ini digabungkan dengan teknik Keyword Stuffing.

Dengan menggunakan Teknik Blackhat SEO Anda harus siap dengan keuntungan dan konsekuensi nya, Blackhat SEO mempercepat kenaikan peringkat di mesin pencari, namun juga bisa dengan cepat membuat ranking situs Anda turun atau bahkan di hapus oleh pihak mesin pencari karena melanggar ketentuan dari mesin pencari. Dari teknik Blackhat SEO yang sudah kami jelaskan diatas apakah Anda menggunakan salah satunya? Atau mungkin Anda ingin menambah teknik lain yang tidak kami sebutkan di atas, Anda bisa post di kolom komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *