Pengenalan SEO dan apa saja yang harus dikerjakan oleh SEO.

Apa yang dimaksud dengan SEO?

SEO

SEO adalah singkatan dari “Search Engine Optimization” atau “Search Engine Optimizer”. Yang merupakan teknik untuk optimasi suatu situs agar berada di peringkat atau halaman pertama di mesin pencari seperti Google, Bing, Go Go Duck, Dan lain-lain. Dengan tujuan untuk menghemat waktu, dan tidak menutup kemungkinan beresiko untuk reputasi situs Anda.

Teknik SEO yang benar akan membuat situs Anda berada di peringkat pertama dengan kata kunci yang Anda inginkan di mesin pencari. Hasilnya situs Anda akan mendapatkan banyak pengunjung dengan berada di peringkat pertama di mesin pencarian dengan kata kunci tertentu.

Apa saja yang dikerjakan oleh SEO?

Yang pertama SEO harus ketahui adalah bagaimana cara mesin pencari bekerja. Google dan mesin pencari lainnya akan terus mengumpulkan informasi yang relevan untuk setiap kata kunci yang User tanyakan kepada mesin pencari. Berikut cara kerja mesin pencari yang harus Anda ketahui :

Crawling

Crawling adalah proses awal yang dilakukan oleh mesin pencari. Crawling memiliki sebutan lain seperti Spiderbot atau Bot saja, yang bertujuan untuk mengumpulkan informasi detail dari situs. Proses ini dilakukan oleh bot yang bekerja. situs Crawler membuat mesin pencari menemukan dan mengumpulkan informasi seperti halaman, judul, kata kunci, gambar sampai link internal untuk di index.

Indexing

Indexing adalah tahap kedua setelah crawling, setelah situs Anda di-crawl oleh mesin pencari selanjutnya data-data tentang situs Anda. Apabila situs Anda tidak ter-index, maka situs Anda tidak akan tampil di mesin pencarian.

Processing

Tahap ketiga setelah Indexing adalah Processing. Tahap ini mesin pencari akan menerima permintaan dari Anda dengan data yang sudah Anda index sebelumnya, selanjutnya mesin pencari akan melakukan perbandingan kata kunci dengan situs lain yang terindex di mesin pencari.

Ranking

Tahap terakhir adalah Ranking. Mesin pencari tidak akan sembarangan untuk memposisikan peringkat suatu situs dalam mesin pencarian. Halaman situs akan di tampilkan pada hasil pencarian, mulai dari konten yang relevan sampai yang tidak relevan.

SEO memungkinkan situs anda muncil di hasil pencarian dengan membuatnya sesuai dengan apa yang mesin pencari inginkan untuk kebutuhan User Experience. Strategi SEO menentukan berapa baik website anda menjalani langkah-langkah tadi sampai mendapatkan peringkat teratas di mesin pencari. Algoritma mesin pencari juga menjadi faktor pertimbangan naik turunnya atau muncul dan tidaknya suatu situs dalam mesin pencari.

Jenis-Jenis SEO

Untuk memahami fokus utama SEO dan jenis-jenisnya, berikut penjelasan singkatnya.

On-page SEO

On-page SEO adalah strategi yang dilakukan di halaman situs untuk mengoptimasi konten yang ada didalam situs agar relevan dengan apa yang user butuhkan atau cari di mesin pencari.

Berikut adalah contoh dari On-page SEO :

Konten

Google menggunakan framework EAT “Expertise, Authoritativeness, Trustworthiness” Untuk menilai kualitas Situs, Halaman, dan Konten. Konten yang kredibel dan terpercaya akan lebih di prioritaskan oleh mesin pencari. jadi untuk membuat situs anda ada di peringkat atau halaman pertama mesin pencari, pastikan kontennya memenuhi kriteria mesin pencari.

Optimasi Kata Kunci

Untuk mempermudah Algoritma mesin pencari mengidentifikasi informasi situs Anda, Anda harus membuat kata kunci utama untuk konten atau situs Anda. Anda bisa menggunakan tool atau alat SEO seperti Ahrefs atau Google Keyword Planner untuk menganalisa kata kunci yang akan Anda gunakan. Pastikan kata kunci anda tidak terlalu banyak di konten anda agar mesin pencari tidak menganggap itu sebagai Keyword Stuffing.

Tag Judul

Tag Judul merupakan link yang bisa diklik dan dilihat user di mesin pencari. Tag Judul menentukan apakah situs Anda relevan dengan apa yang dicari oleh user. Judul yang baik pasti akan lebih diminati oleh user dan akan menghasilkan banyak traffing ke situs Anda.

Meta Description

Meta Description adalah deskripsi singkat situs yang akan ditampilkan sebagai cuplikan dibawah judul situs dan URL di mesin pencari. Meta Description wajib menyertakan kata kunci dan buat deskripsi seakurat mungkin mendeskripsikan apa yang disajikan oleh situs Anda.

Off-page SEO

Off-page SEO adalah optimasi yang dilakukan diluar situs untuk menaikan peringkat di mesin pencari. Strategi Off-page SEO yang diterapkan dengan benar akan membantu meningkatkan otoritas halaman situs Anda yang membuat peringkat situs anda menjadi lebih baik di hasil pencarian.

Berikut adalah contoh dari Off-page SEO :

Link Building

Link Building adalah proses mendapatkan link dari situs lain ke situs Anda. Algoritma mesin pencari sangat bergantung pada link. Setiap link yang diperoleh dapat berfungsi untuk dukungan kepercayaan ke situs Anda. Anda harus memperhatikan juga kualitas link dari website yang terpercaya dengan otoritas halaman tinggi untuk mendapatkan hasil Link Building yang maksimal.

Social Media Marketing

Media sosial Adalah strategi bisnis dengan cara menyebar di platform media sosial, dengan tujuan agar user bisa melihat reputasi situs Anda. Rutin memposting konten yang menarik di media sosial mempengaruhi situs Anda dan menjangkau audiens yang lebih luas.

Influencer

Dengan brand atau influencer untuk mempromosikan situs atau bisnus Anda secara lebih luas. Apabila dilakukan dengan benar, influencer marketing bertujuan untuk brand awareness dan mendatangkan audiens baru ke situs Anda, yang pada akhirnya juga meningkatkan traffic situs.

Technical SEO

Technical SEO adalah optimasi aspek teknis pada situs agar sesuai dengan algoritma mesin pencari. Aspek tersebut meliputi optimasi layout situs, kecepatan loading, dan mobile friendly.

Berikut adalah contoh dari Technical SEO :

Kecepatan loading

Apabila situs dengan loading lambat membuat bounce rate tinggi dan bisa berakibat penurunan peringkat dimesin pencari. Maka Optimasi kecepatan loading termasuk hal penting dalam technical SEO. Langkah-langkah seperti Caching Website, memperkecil ukuran gambar, dan mengurangi redirect adalah cara yang ampuh untuk optimasi kecepatan situs.

XML Sitemap

Xml sitemap adalah kumpulan URL halaman situs yang berguna sebagai peta untuk mesin Crawler agar bisa menjangkau halaman penting situs Anda. untuk membuat sitemap bisa dibuat di WordPress.

Accelerated Mobile Pages atau AMP

Framework ini bis amenghasilkan halaman situs yang ringan untuk mengoptimalkan kecepatan loading situs bagi pengguna perangkat mobile. Pada mesin pencari Google framework ini sangat penting dan diutamakan.

Sertifikat SSL

Situs dengan SSL akan menggunakan protokol HTTPS pada URL-nya. Jadi setiap informasi yang di transfer antara situs dengan pengunjung dipastikan aman. Situs dengan SSL berpeluang mendapatkan peringkat yang tinggi. Biasanya hosting memberikan paket SSL gratis untuk domain yang di kaitkan di hosting tertentu.

Berikut adalah beberapa contoh dari cara bekerja SEO dan pengertian singkatnya. Untuk lebih mendalam tentang SEO Anda bisa cek di artikel kami yang lain yang akan membahas teknik lain dalam pengerjaan SEO.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *